Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda memakan buah nangka? Nangka hanya ditemukan di negara tropis. Pohon nangka tidak tahan di udara dingin ataupun kekeringan. Pohon nangka hanya bisa tumbuh di tempat yang curah hujannya tinggi. Buah yang sering dijadikan bahan enak untuk es campur ini selain segar juga menyehatkan. Tapi tahukah Anda kalau biji nangka dapat dijadikan untuk penyembuh berbagai macam penyakit? Terkadang, orang membuang bijinya karena mengira biji nangka tidak berguna. Padahal biji nangka mempunyai banyak sekali khasiat. Biji nangka juga bisa digunakan untuk bahan memasak sayur. Masyarakat perlu mengetahui khasiat dari biji nangka agar tidak asing lagi nantinya.

Manfaat biji nangka untuk kesehatan beberapa baik untuk wanita. Wanita akan mengalami masalah penuaan ketika bertambahnya umur. Semakin bertambah umur, kulit pun tidak sekencang waktu muda dulu. Wanita akan mengalami pengeriputan kulit. Biasanya wanita akan membeli banyak obat kosmetik untuk menghilangkan pengerutan pada kulit. Menghilangkan pengerutan pada kulit juga bisa dengan biji nangka. Pada biji nangka, ada anti oksidan di dalamnya. Anti oksidan ini bagus untuk kulit dan juga bagian bagian tubuh yang lain. Kulit nantinya akan menerima efek dari anti oksidan dan akan melawan penuaan pada wajah. Wajah akan lebih kelihatan muda dan segar. Biji nangka juga nantinya bisa melembabkan kulit. Kulit kering akan kembali lembab dan sehat.

Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan

Manfaat biji nangka untuk kesehatan bisa digunakan pada kanker. Kanker pun dapat dilawan oleh biji nangka. Di dalam biji nangka ada oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida dan polisakarida dapat mencegah kanker untuk tumbuh. Bakteri Lactobacilus pun bisa di stimulir oleh biji nangka.

Nutrisi di dalam biji nangka ternyata cukup banyak. Biji nangka juga dapat menambah produksi sel darah merah. Sel darah merah dibutuhkan oleh penderita anemia. Penderita anemia kekurangan darah merah. Sel darah merah diproduksi oleh zat besi yang terdapat di dalam biji nangka. Mengkonsumsi biji nangka akan mencegah Anda terkena anemia. Biji nangka juga baik untuk jantung serta dapat melancarkan pembuluh darah.

Biji nangka pun mengandung vitamin. Vitamin apa yang terdapat pada biji nangka? Vitamin A! Vitamin A bagus untuk kesehatan mata. Sakit mata disebabkan karena kekurangan vitamin A. Mencukupi vitamin A di dalam tubuh akan membuat kesehatan mata membaik. Penglihatan mata pun akan jelas dan tidak akan buram.

Sembelit pun dapat disembuhkan dengan biji nangka. Biasanya, sembelit disebabkan oleh kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Pencernaan pun menjadi terhambat. Sisa makanan akan tertumpuk di dalam usus yang akan menyebabkan penyakit nantinya. Makan makanan berserat seperti biji nangka dapat membuat pencernaan menjadi lancar serta racun tersisa yang berada di dalam pencernaan akan keluar nantinya.

Manfaat biji nangka untuk kesehatan bisa mencegah kerontokkan rambut yang berlebihan. Selain itu, jika memakan biji nangka rambut akan lebih tebal nantinya. 

Anda ingin resep masker yang terbuat dari biji nangka? Caranya mudah. Persiapkan dahulu biji nangka. Giling atau tumbuk biji nangka menjadi serbuk. Masukkan ke dalam wadah. Campurkan susu, madu, dan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk campuran bahan tersebut sampai rata. Setelah itu lihat ke campuran bahan yang sudah jadi pasta. Oleskan pasta yang sudah jadi tersebut ke wajah Anda secara merata. Tunggu kira-kira 20 menit atau sampai pasta mengering. Setelah itu bilas. Gunakan sebelum pergi tidur. Sudah tahu khasiat biji nangka kan? sumber gambar : tastypalettes.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan