Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Saat wanita hamil, mereka akan mudah sekali kelelahan. Wanita memerlukan banyak nutrisi saat hamil agar janin yang ada dalam kandungan mendapat nutrisi yang cukup. Saat nutrisi pada wanita hamil tercukupi, mereka akan mempunyai tenaga yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Bagaimana cara mencukupi nutrisi pada wanita hamil? Dengan makan makanan bergizi yang cocok bagi ibu hamil. Air kelapa bisa menjadi salah satu makanan yang cocok untuk ibu hamil. Air kelapa mudah ditemukan dan cara penyajiannya pun gampang. Air kelapa juga mudah untuk di variasi. Anda bisa mencampurkan berbagai macam buah yang bagus di saat hamil pada minuman ini agar rasanya lebih nikmat.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yaitu ada banyak sekali. Karena air kelapa mempunyai banyak manfaat. Air kelapa mengandung elektrolit alami yang bagus untuk ibu hamil. Air kelapa akan menggantikan cairan tubuh yang berkurang pada ibu hamil. Ketika cairan tubuh berkurang, ibu hamil akan merasakan dehidrasi dan nantinya akan diikuti dengan kelelahan. Apalagi ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk diminum ketimbang disaat tidak hamil. Jika dehidrasi saat kehamilan tidak segera ditangani, si ibu hamil nanti akan mengalami sakit kepala karena kelelahan, kram, bahkan persalinan prematur. Untuk itu meminum air yang banyak di saat hamil sangat diperlukan. Untuk air kelapa, minumlah 1 kali setiap hari. 

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Air kelapa tidak mengandung kolesterol serta rendah lemak. Sehingga bagus untuk ibu hamil. Ibu hamil tidak perlu takut mengalami obesitas ketika minum air kelapa di saat hamil setiap hari. Asalkan minum secara teratur dan tidak terlalu berlebihan. Apalagi kandungan kelapa memiliki banyak zat yang juga nantinya diperlukan si bayi. Ibu senang, si bayi pun ikut senang. Nantinya, pencernaan ibu hamil pun akan lancar. Air kelapa mengandung senyawa yang dapat membuat proses pencernaan menjadi cepat. Saat hamil, hormon progesteron akan membuat lambung bekerja lambat sehingga kontraksi otot pada pencernaan juga ikut melambat. Meminum air kelapa akan menormalkan pencernaan sehingga tak perlu lagi susah untuk buang air besar.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berfungsi sebagai diuretik alami. Selain memperlancar pencernaan, air kelapa juga dapat memperlancar proses pembuangan urine. Kandung kemih juga nantinya akan dibersihkan. Racun yang terdapat dalam saluran pembuangan urine nantinya akan keluar juga dengan urine. Infeksi pada saluran kencing pun dapat dicegah. Saat hamil pun, jangan coba menahan kencing. Ketika sudah minum air kelapa, tetapi kencing tetap ditahan akan sama saja bukan? 

Tahu manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lain? Air kelapa juga mengandung asam laurat. Uniknya lagi, asam laurat yang ada di dalam air kelapa mempunyai fungsi yang sama seperti yang juga ditemukan dalam ASI. ASI berfungsi sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus, sama seperti fungsi air kelapa. Oleh karena itu air kelapa bagus untuk ibu hamil sebagai anti penyakit. 

Pada ibu hamil, terkadang mereka akan merasakan kram pada kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. Air kelapa dapat mencegah hal ini terjadi. Air kelapa mengandung kalium yang cukup tinggi. Kalium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan air kelapa memenuhi pasokan kalium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Air kelapa memang mempunyai banyak manfaat. Air kelapa pun mudah untuk ditemukan. Jadi jangan sungkan sungkan untuk minum air kelapa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil