Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang lebih banyak dari wanita biasa. Perlu diingat bahwa saat seseorang dalam kondisi hamil, banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan. Asupan nutrisi dan gizi tersebut harus dipenuhi ketika ibu hamil agar janin juga mendapat asupan yang cukup. Nutrisi pada ibu hamil perlu lebih banyak karena ibu hamil harus membagi nutrisinya menjadi dua dengan sang buah hati. Bukan berarti ibu hamil harus makan berlebihan. Gizi dan nutrisi yang harus lebih agar juga cukup untuk bayi. Ada beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil. Contohnya saja telur. Bahan makanan yang mudah ditemukan ini baik untuk ibu hamil karena mengandung protein yang bagus untuk ibu hamil. Sel-sel pada janin terbuat dari protein. Terlebih lagi protein pada telur adalah protein yang berkualitas dan dibutuhkan saat kehamilan. Telur juga membantu perkembangan otak pada bayi yang ada dalam kandungan. Karena protein adalah hal penting bagi ibu hamil dan bayi oleh sebab itu makan telur setiap hari dibolehkan asal tidak berlebihan. Jika Anda alergi terhadap protein, Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui makanan pengganti telur yang juga bagus di saat kehamilan.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah ikan salmon. Ikan salmon juga memiliki protein yang tinggi. Selain itu salmon mengandung sumber omega 3 yang juga bagus untuk perkembangan bayi. Menurut beberapa penelitian, ikan salmon memiliki kadar merkuri yang rendah daripada ikan lainnya. Merkuri sangat berbahaya bagi ibu hamil. Ada beberapa jenis ikan yang memiliki kadar merkuri yang tinggi. Merkuri dapat menghambat perkembangan saraf bayi. Untuk memakan salmon, sedikit saja sudah cukup. Terlalu berlebihan tidak baik karena kadar merkurinya.

Daging juga boleh dan bagus untuk ibu hamil. Asalkan daging tersebut bebas lemak. Daging juga mengandung protein berkualitas tinggi. Pisahkan dulu lemak dari dagingnya jika ingin memakan daging.

Berbagai macam kacang-kacangan, buah dan sayur termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil. Kacang mengandung protein nabati yang bagus untuk ibu hamil. Kacang mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan pada ibu hamil. Kacang juga mengandung zat besi, folat, seng serta kalsium. Selain itu ada juga ubi jalar. Ubi jalar mengandung vitamin A yang baik, vitamin C, folat dan tentu saja serat agar pencernaan menjadi lancar.

Anda tahu apa itu walnut? Kacang yang biasa ditemukan di dalam coklat ini juga bagus untuk ibu hamil. Walnut mengandung omega 3 sama seperti salmon. Walnut termasuk sumber omega 3 yang tinggi. Buah-buahan juga bagus untuk ibu hamil. Buah mengandung serat dan bergizi, selain itu buah juga mengandung cukup banyak cairan yang bagus untuk tubuh. Antioksidan juga terdapat dalam buah-buahan. Coba juga makan sayur seperti wortel, kol, dan brokoli. Wortel kol dan brokoli mengandung folic acid. Folic acid akan menyiapkan rahim, selain itu resiko terjadinya penyakit spina bifida juga akan berkurang. Lebih baik, porsi sayuran dan buah diperbanyak. Kurangi makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi. Karbohidrat akan membuat ibu hamil menjadi gemuk jika terlalu banyak dikonsumsi. Makan dalam porsi sedikit tapi sering akan lebih bagus. Mual akan berkurang jika hal ini dilakukan. Hindarilah makanan yang tidak dimasak dengan matang. Makanan yang tidak dimasak mengandung bakteri yang tidak baik untuk kandungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil