Tangan Sering Kesemutan Saat Tidur

Semua orang pasti pernah mengalami kesemutan. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, kesemutan juga membuat kita menjadi susah bergerak. Apalagi sewaktu kita tidur. Apakah Anda pernah mengalaminya? Tangan sering kesemutan saat tidur bisa diduga itu gejala sindrom karpal tunel. Sindrom karpal tunel itu apa sih? Merujuk wikipedia, sindrom karpal tunel adalah penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa dan parestesia (kesemutan atau seperti terbakar). Sindrom karpal tunel biasanya menyerang pada malam hari atau disaat orang sedang tidur. Penderita akan bangun ketika mereka merasakan ada rasa nyeri pada tangan. Berhati-hatilah, karena rasa nyeri yang muncul pada malam hari bisa dikarenakan sindrom karpal tunel.

Gejala sindrom karpal tunel dapat menyebabkan tangan kesemutan. Jari-jari tangan pun dapat kesemutan. Nyeri di bagian lengan juga kadang terjadi. Penyebab karpal tunel adalah karena kehamilan, obesitas, penyakit seperti diabetes, hipotiroidisme, dan rheumatoid arthritis. Melakukan gerakan yang sama pada pergelangan tangan berulang kali juga mengakibatkan sindrom karpal tunel, apalagi jika pergelangan tangan tertekuk.  Cedera pada tangan, seperti patah tulang dapat membuat saraf tertekan yang mengakibatkan sindrom karpal tunel. Merokok pun dapat menyebabkan sindrom karpal tunel.


Bagaimana menghentikan sindrom karpal tunel? Anda dapat menggunakan berbagai cara dari dokter atau Anda bisa mencoba cara berikut ini: Istirahatkan tangan Anda, terutama pergelangan tangan jika Anda sedang melakukan kegiatan. Apalagi kegiatan itu bisa dihitung berat. Anda dapat mengompres pergelangan tangan Anda dengan es batu. Caranya mudah. Masukkan es batu ke dalam plastik lalu kompres bagian pergelangan tangan. Anda bisa juga memakai kain. Masukkan es batu ke dalam baskom lalu beri air. Celupkan kain bersih ke dalam baskom, peras dulu airnya lalu kompres pada bagian pergelangan. Biarkan selama 15 menit. Lakukan 2 kali selama 1 jam. Mengkonsumsi obat NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs) bisa untuk meredakan nyeri pada pergelangan dan mengurangi pembengkakan.

Untuk mempertahankan kondisi tangan agar lurus, gunakan belat. Belat akan menjaga tangan tetap lurus. Sindrom karpal tunel dapat terjadi karena pergelangan tangan kebanyakan ditekuk. Tangan sering kesemutan saat tidur karena tangan selalu dalam posisi tertekuk. Kondisikan tangan lurus pada waktu tidur. Anda dapat menjepitnya dengan bantal dan guling.

Bagaimana cara mencegah sindrom karpal tunel? Jika Anda memiliki badan yang gemuk, Anda dapat memulainya dengan berolahraga atau melakukan diet untuk mendapatkan badan yang proporsional. Badan yang gemuk mengakibatkan badan susah bergerak. Untuk itu alangkah bagusnya untuk berolahraga setiap hari. Jika Anda perokok, Anda dapat menghentikan kebiasaan merokok Anda. Rokok dapat merusak saraf. Menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah, akan tetapi Anda bisa mengurangi jatah Anda merokok setiap harinya agar lama kelamaan terbiasa untuk tidak merokok. Konsultasikan juga dengan dokter jika ada penyakit seperti diabetes. Diabetes bisa terjadi karena obesitas. Mengurangi jumlah makanan manis dapat sangat membantu. 

Yang paling penting menjaga posisi tangan. Usahakan posisi tangan selalu netral saat bekerja, apalagi pekerjaan seperti mengetik membuat kita harus menekuk tangan kita. Kita harus membuat pergelangan tangan lurus dan stabil. Tangan juga harus lebih tinggi dari pergelangan tangan. Sedikit saja juga sudah cukup. Jika lengan berada di samping, lemaskan bahu agar lebih rileks dan tidak kaku. Gunakan tangan secara bergantian agar tangan tidak mudah lelah. Apalagi jika itu adalah gerakan sama yang mengulang. Tanyakan pada dokter jika tangan sering kesemutan saat tidur untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tangan Sering Kesemutan Saat Tidur