Tanda-tanda Kehamilan Minggu Pertama

Saat wanita hamil, biasanya para wanita akan menyadarinya setelah 2 minggu pertama kehamilan. Darimana wanita mengetahui kalau mereka hamil? Wanita tahu kalau mereka hamil dari tanda-tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan minggu pertama yaitu ukuran dada wanita akan membesar. Hormon pada wanita akan berubah ketika mereka hamil. Hormon seperti progesteron dan esterogen akan meningkat di awal kehamilan. Hormon inilah yang nantinya akan membuat dada wanita membesar. Selain itu, dada wanita akan lebih terasa sensitif ketika dipegang. Puting susu pun akan membesar. Selain itu, di sekitar daerah puting wanita akan lebih berwarna gelap. Lalu akan ada peningkatan hormon lain yang nantinya akan mempersiapkan ASI.

Di saat-saat pertama kehamilan biasanya wanita akan mengalami kram pada perut. Kram ini terjadi karena menempelnya embrio pada dinding rahim. Saat itulah, akan keluar bercak darah. Bercak darah ini bukanlah menstruasi. Bercak darah yang keluar pun tak sebanyak menstruasi. Saat itulah wanita bisa dikatakan hamil. Seiring berjalannya waktu, kram akan berhenti.

Tanda-tanda Kehamilan Minggu Pertama

Tanda-tanda kehamilan minggu pertama juga diikuti dengan rasa mual. Wanita akan sering merasa mual ketika mereka mulai hamil. Sesekali wanita juga akan susah makan karena merasa mual. Minum susu kehamilan pada saat-saat ini akan membantu untuk mencukupi nutrisi pada janin, serta dapat menaikkan nafsu makan. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui bagaimana cara menangani mual Anda, karena tiap wanita mempunyai kasus yang berbeda-beda. Cukupi nutrisi agar janin Anda mendapat nutrisi yang cukup.

Saat hamil, wanita biasanya akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hormonlah yang menyebabkan ini. Perubahan hormon yang meningkat banyak mengubah pola hidup wanita saat hamil. Hormon juga akan membuat kepala pusing. Perubahan hormon sangat cepat terjadi sehingga pusing kepala saat hamil sering terjadi. Pusing kepala terjadi karena kelelahan, rasa mual, rasa lapar, mood yang berubah, stress dan berbagai hal lainnya. Terkadang pusing kepala akan menyebabkan ngantuk pada wanita yang hamil.

Wanita pun akan banyak meludah ketika hamil. Hormon estrogen yang ada pada wanita meningkat dan membuat wanita sering meludah. Biasanya dibarengi dengan mual, atau tanpa mual. Jika sudah begini, paling tidak Anda harus menyiapkan tempat untuk meludah ketika berada di luar rumah agar tidak meludah sembarangan. Selain hormon estrogen, hormon progesteron juga terjadi perubahan. Perubahan ini akan membuat sembelit. Memakan makanan yang banyak serat, seperti sayur akan membantu untuk melancarkan pencernaan sewaktu hamil.

Tanda-tanda kehamilan minggu pertama akan membuat wanita mengidam nantinya. Wanita yang ngidam biasanya ingin ini itu. Tetapi yang paling sering di inginkan adalah makanan. Dari yang pedas hingga asam. Beberapa akan memilih mangga muda atau buah lain untuk dimakan. Biasanya mangga muda akan dijadikan rujak. Makanan yang seperti ini yang paling disukai oleh ibu hamil. Biasanya juga, penciuman wanita saat hamil menjadi sangat tajam. Wanita akan mudah mencium bau bau menyengat. Beberapa akan menyukai bau yang khas bagi mereka.

Wanita hamil rentan gelisah dan stress karena hormon. Capek dan kelelahan biasanya jadi satu paket. Rawatlah mereka ketika hamil dengan baik. Wanita akan butuh kasih sayang dari suaminya saat hamil. Memberikan perhatian kepada mereka akan membuat mereka bahagia. Konsultasikan bersama ke dokter pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanda-tanda Kehamilan Minggu Pertama