Penyebab Tekanan Darah Rendah

Penyebab Tekanan Darah Rendah - Penderita tekanan darah rendah harus sering-sering memberikan asupan nutrisi pada tubuh. Pasalnya, telat makan sedikit saja penderita dapat jatuh pingsan. Tubuh pun menjadi lemah. Ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika penderita adalah orang sibuk. Kita perlu mengetahui apa saja penyebab tekanan darah rendah. Penyebabnya ada beberapa, seperti dehidrasi. Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya dehidrasi. Dehidrasi adalah kekurangan cairan dalam tubuh. Suhu udara yang panas dapat menyebabkan dehidrasi. Aktivitas yang dilakukan adalah aktivitas yang dilakukan di bawah terik matahari. Biasanya, penderita tekanan darah rendah tidak tahan dengan upacara atau apel. Beberapa dari mereka akan pingsan setelah 10-15 menit upacara berjalan. Ada juga yang kuat sampai upacara selesai. Penderita yang bisa melewati aktivitas seperti ini memenuhi asupan nutrisi mereka. Cairan dalam tubuh mereka juga terpenuhi sehingga mereka dapat melewati aktivitas berat.

Kejutan emosional dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Syok termasuk dalam kejutan emosional. Syok tersebut didapat karena infeksi parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat). 


Penyebab tekanan darah rendah lainnya adalah mengkonsumsi obat dan minuman beralkohol. Efek samping dari obat ada yang menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi rendah. Alkohol pun demikian mempunyai efek samping yang sama. Serangan jantung, bahkan gagal jantung juga dapat mempengaruhi tekanan darah rendah.

Hormon pun bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah. Itu semua disebabkan oleh tiroid. Ada dua macam tiroid yang menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) dan tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme). Gula darah rendah serta diabetes juga dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah.

Jika seseorang yang sedang melahirkan, dan kehilangan banyak darah akan memicu penurunan tekanan darah. Orang yang kehilangan banyak darah harus cepat mendapat pertolongan donor darah. Bahkan, jika infeksi dalam tubuh memasuki aliran darah, akan terjadi septikemia. Septikemia dapat mengancam jiwa karena menurunkan tekanan darah menjadi rendah.

Anda mempunyai alergi? Reaksi alergi yang parah juga dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah. Reaksi alergi yang parah atau bisa disebut juga dengan anafilaksis bisa merenggut nyawa. Reaksi alergi ini berasal dari sesuatu yang simple seperti alergi makanan, alergi obat-obatan, berbagai macam racun dll. Selain dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, anafilaksis juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan, gatal-gatal serta tenggorokan bengkak.

Jika Anda memiliki badan yang besar dan sedang melakukan diet, dietlah dengan benar. Jangan sampai kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan nutrisi yang diperlukan, apalagi saat diet dapat menyebabkan Anda pusing. Dietlah dengan normal dan imbangi dengan olahraga yang sehat agar badan Anda dapat menyesuaikan aktivitas Anda.

Tahukah Anda tentang inflamasi yang terjadi pada organ tubuh? Inflamasi juga menurunkan tekanan darah. Inflamasi adalah peradangan yang terjadi pada organ bagian dalam tubuh. Organ yang mengalami peradangan mengakibatkan pembuluh darah yang mengelilingi jaringan mengalami inflamasi. Saat inflamasi terjadi, volume darah pun menjadi berkurang. Saat volume darah berkurang itulah tekanan darah mulai menurun. Penyumbatan pembuluh darah juga mengakibatkan penurunan tekanan darah. Ketika pembuluh darah tersumbat, jaringan yang mengirimkan sinyal ke jantung juga menjadi terhambat. Penyumbatan itu nantinya akan membuat tekanan darah menjadi rendah.

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan darah rendah seperti alpha blocker, beta blocker, beberapa jenis anti depresan, obat diuretik, obat penyakit parkinson. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Tekanan Darah Rendah