Penyebab Mata Kedutan Terus-menerus

Pernahkah Anda mengalami mata kedutan? Banyak yang bilang bahwa mata yang berkedut ada kaitannya dengan hal mistis. Padahal mata berkedut itu berkaitan dengan kesehatan. Penyebab mata kedutan terus-menerus disebabkan oleh stress. Kebanyakan bekerja mengakibatkan stress. Selingi dengan waktu luang agar Anda tidak mudah stress. Bekerja di depan komputer terlalu lama juga mengakibatkan mata lelah dan kering. Kurangi bekerja di depan komputer terlalu lama. Radiasi dari komputer dapat merusak mata. Apalagi jika jarak pandang mata dan komputer terlalu dekat. Sesudah Anda bekerja di depan komputer pandangi daun-daun dan pohon-pohon di kejauhan untuk menyegarkan mata Anda dari efek radiasi komputer.

Kurang tidur juga menyebabkan mata berkedut. Anda pekerja keras? Pekerja keras biasanya jarang tidur. Jarang tidur mengakibatkan kelelahan pada mata hingga mata menjadi berkedut. Gunakan waktu istirahat Anda untuk tidur. Tidur 7 jam sehari cukup untuk menghilangkan rasa kelelahan. Pilih waktu tidur Anda. Anda mungkin dapat memanfaatkan weekend sebagai hari untuk Anda istirahat dan melepas penat. Weekend juga dapat Anda gunakan sebagai hiburan sehingga Anda akan merasa segar kembali.

Penyebab Mata Kedutan Terus-menerus

Anda pecandu alkohol? Kurangi minum minuman alkohol agar mata Anda tidak berkedut. Alkohol dapat memicu tekanan pada pembuluh darah. Kafein juga menyebabkan mata berkedut. Kafein pada minuman kopi menyebabkan Anda untuk susah tidur. Susah tidur membuat Anda kelelahan dan akhirnya dapat menyebabkan kedut pada mata. 

Kekeringan pada mata akibat kelelahan juga dapat menimbulkan mata berkedut. Mata kering biasanya dialami oleh orang tua, dan orang yang menggunakan komputer. Kedipkan mata Anda agar mata tidak kering. Orang biasanya lupa untuk berkedip sehingga menyebabkan mata berkedut.

Nutrisi yang tidak seimbang menyebabkan kejang pada mata. Nutrisi seperti magnesium yang diperlukan tubuh juga perlu untuk mata. Perbaiki konsumsi gizi Anda untuk mendapat hasil terbaik.

Alergi termasuk dalam penyebab mata kedutan terus-menerus. Alergi pada obat yang tidak cocok menyebabkan mata berkedut dan bengkak. Jika alergi terhadap obat tertentu, konsultasikan pada dokter Anda.

Kita harus segera mengecek jika kedutan terus-menerus terjadi. Kedutan dalam jangka panjang dapat merusak mata. Oleh karena itu berhati-hatilah jika sering terjadi kedutan. Kontraksi yang tidak normal pada mata disebut juga dengan blefarospasme. Blefarospasme jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Ciri-ciri blefarospasme adalah peningkatan kedutan pada mata. Terkadang kedutan menyebar ke seluruh wajah. Matapun tidak tahan dengan sinar di layar televisi, komputer, bahkan cahaya matahari sendiri. Untuk itu berhati-hatilah jika gejala ini terjadi. Segera periksakan pada dokter untuk berkonsultasi bagaimana cara mengatasi mata yang berkedut-kedut.

Tekanan pada mata, debu juga dapat menyebabkan kedutan. Indonesia adalah negara dimana banyak penduduk yang setiap hari pasti melewati jalan raya yang berdebu. Debu-debu yang mengenai mata akan melukai mata dan membuatnya perih. Terkadang kedutan yang terjadi juga karena debu yang melukai mata. Mata adalah alat indera manusia yang sangat sensitif. Untuk itu kita perlu menjaganya dari debu dan macam-macam benda yang dapat masuk ke dalam mata. Tutupi badan Anda bagian atas, di sekitar kepala dengan helm berkaca, penutup hidung, serta kacamata jika perlu untuk amannya. Penyebab mata kedutan terus-menerus itu juga karena ulah kita yang tidak hati-hati dalam menjaga mata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Mata Kedutan Terus-menerus