Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering

Penyebab bibir pecah-pecah dan kering salah satunya adalah dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Kehausan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan terus berlanjut jika tidak segera ditangani dengan minum air secara teratur. Kebanyakan beraktivitas di bawah terik matahari juga akan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh. Untuk itulah minum air secara teratur agar bibir tidak pecah dan kering. Bibir pecah-pecah dan kering akan merusak penampilan jika tidak disegera ditangani. Kita jadi terlihat tidak fit hanya gara-gara bibir yang pecah dan kering. Air liur tidak akan mengurangi pecah-pecah dan kering pada bibir karena air liur tidak mengandung kandungan cairan yang cukup untuk mengurangi bibir pecah. Malahan, kebiasaan menjilati bibir dengan lidah malah membuat bibir semakin bertambah kering. 

Bibir dapat menjadi pecah dan kering karena kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Oleh karena itulah bibir lebih cepat kering jika kita tidak rajin mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan. Dengan meminum air putih, kelembaban pada bibir akan terjaga. Kelembaban pada bibir inilah yang membuat bibir tidak akan kering. Jika bibir Anda kering, artinya bibir Anda kurang kelembaban. Minumlah air putih jangan hanya ketika Anda haus. Minimal 2 liter sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan yang dapat mengakibatkan dehidrasi, dan berujung pada bibir pecah-pecah.

Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering

Bibir pecah dan kering pasti akan terasa perih nantinya. Apalagi jika Anda menyentuh bibir Anda. Pasti rasanya sakit, dan terkadang akan mengeluarkan darah. Jangan mengelupas kulit bibir yang pecah dengan tangan Anda. Biarkan terkelupas dengan sendirinya, lama-kelamaan bibir Anda akan kembali seperti semula asalkan Anda mencukupi nutrisi yang penting untuk tubuh Anda.

Penyebab bibir pecah-pecah dan kering juga karena kebiasaan buruk. Kebiasaan menggigit bibir juga mengakibatkan bibir pecah. Menggigit bibir dapat melukai bibir sehingga kulit pada bibir robek. Beberapa wanita terkadang menggigit bibir mereka ketika mereka nervous. Itulah kenapa bibir pecah dan kering lebih sering terjadi pada wanita. Hentikan kebiasaan buruk ini untuk mendapatkan bibir yang normal.

Jika Anda sedang flu, terkadang Anda akan bernafas melalui mulut. Bernafas melalui mulut dapat menyebabkan bibir kering. Udara yang masuk ke dalam mulut akan lebih banyak sehingga bibir kering lebih cepat. Bibir yang kering lebih cepat akan mengakibatkan bibir pecah-pecah. Sering memakai lipstik juga menyebabkan kering pada bibir. Kurangi pemakaian lipstik. Pakai lipstik hanya untuk pekerjaan saja. Jika mau berangkat tidur, usahakan untuk menghapusnya terlebih dahulu agar bibir tidak kering saat bangun tidur.

Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bagus untuk bibir kering dan pecah. Penyebab bibir pecah-pecah dan kering juga disebabkan karena kekurangan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang disediakan oleh sayur dan buah sangat diperlukan tubuh, terutama pada bibir yang pecah dan kering. Usahakan untuk memakan buah-buahan dan sayuran rutin setiap harinya.

Untuk mendapatkan hasil bibir yang merah dan merona alami gunakan bahan yang alami juga. Madu juga dapat membuat bibir tidak pecah lagi. Madu akan mempertahankan kelembaban pada bibir sehingga bibir Anda akan normal. Suhu yang kering menyebabkan bibir menjadi kering juga. Kondisikan bibir yang kering menjadi lembab kembali dengan cara-cara yang alami seperti minum air, makan buah dan sayuran, menggunakan madu dan berbagai cara alami lain yang dapat digunakan untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering