Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

Apakah Anda mengenal mengkudu? Buah mengkudu dikenal dengan rasanya yang pahit dan tidak enak. Kebanyakan orang memakan buah mengkudu untuk kesehatan. Tapi tahukah Anda, selain buah mengkudu, daun mengkudu juga dapat digunakan untuk kesehatan? Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan antara lain sebagai obat jerawat. Bagi anak remaja yang baru saja dalam masa pertumbuhan, biasanya memiliki banyak sekali jerawat di wajah. Jerawat akan sangat menjengkelkan jika tidak segera diobati, untuk itu gunakan daun mengkudu untuk mengobati jerawat, terutama jerawat batu. Caranya sangat mudah, ambil pucuk daun mengkudu kemudian tumbuk, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun lalu aduk rata. Oleskan campuran tersebut pada jerawat batu Anda. Tunggu sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Selain itu daun mengkudu juga dapat digunakan sebagai obat pelangsing tubuh, Anda dapat mengolahnya sebagai campuran dalam teh jika mau. Atau Anda dapat menggunakan cara berikut ini : Pertama siapkan segenggam daun mengkudu, segenggam daun kemuning jawa, temu giring yang dipotong setengah jari kelingking, jeruk nipis setengah butir. Campur semua bahan yang telah disebutkan, lalu tumbuk sampai halus. Beri satu gelas air, kira kira 200cc ke dalam bahan tumbukan. Setelah itu aduk bahan sampai rata. Anda akan mendapatkan segelas minuman daun mengkudu sehat. Sebelum diminum, pisahkan air dari ampasnya dengan kain. Saring minuman mengkudu dengan kain maka ampas akan tertinggal pada kain dan siap diminum. 

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

Anda dapat meminumnya setiap pagi sebelum beraktivitas. Jangan kaget dengan rasa yang sedikit pahit. Karena untuk mendapat bentuk tubuh ideal dibutuhkan banyak usaha. Anda tahu hal menarik lainnya? Bahkan, daun mengkudu juga dapat mencegah kanker. Anda memiliki bayi? Jika bayi Anda masuk angin, atau kembung, berikan daun mengkudu pada bayi, karena daun mengkudu dapat melawan kembung pada bayi. Bagaimana caranya? Cuci dahulu daun mengkudu sampai bersih, setelah bersih, diamkan sebentar sampai kering. Oleskan daun mengkudu dengan minyak kelapa, setelah itu bakar daun mengkudu sampai agak layu, jangan sampai hangus. Setelah itu gulung dan kucek daun mengkudu. Tempelkan daun mengkudu pada perut bayi Anda. Jangan sampai daun mengkudu terlalu panas saat ditempelkan. Lakukan hal ini 3x sehari sampai bayi Anda sembuh.

Daun mengkudu bisa juga digunakan sebagai obat herbal kecantikan. Anda bisa menjadikannya masker jika Anda mau. Caranya sama seperti membuat obat untuk jerawat batu. Para herbalis, menganjurkan daun mengkudu sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang ada di dalam tubuh manusia, seperti penyakit kuning, peradangan hati, peradangan limpa, juga menurunkan kolesterol. Sehingga daun mengkudu juga bagus untuk pengidap stroke, diabetes dan obesitas.

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan memang tidak bisa dipungkiri. Daun mengkudu dapat dibuat sebagai jamu. Jamu tradisional yang dibuat dari daun mengkudu memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Bisa untuk pelangsing, penurun kolesterol, juga pencegah kanker.

Karena kebanyakan manfaat daun mengkudu untuk kesehatan rata rata untuk para pengidap stroke ataupun kanker, jarang ada orang yang meminumnya tanpa alasan karena rasanya yang pahit. Kebanyakan orang tidak tahan dengan rasa pahit yang ada pada daun mengkudu. Untuk mendapatkan manfaat yang cukup besar memang membutuhkan pengorbanan. Anda mungkin bisa sedikit memberikan madu sebagai manisan, atau memakannya dengan selingan buah untuk menghilangkan rasa pahitnya. Kesehatan yang didapat setara dengan rasa pahitnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan