Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Baik dan Benar

Contoh surat pengunduran diri kerja - Pengunduran diri kerja atau resign kerja bisa diartikan sebagai pemberitahuan secara sukarela yang dilakukan oleh karyawan kepada perusahaan tempat ia bekerja bahwa yang bersangkutan mempunyai niatan untuk berhenti bekerja. Seseorang akan berhenti dari pekerjaan yang telah digeluti sebelumnya kemungkinan karena beberapa faktor, misalnya faktor keluarga, diterima sebagai pegawai negeri sipil / PNS, ingin menjadi pengusaha, kebijakan perusahaan, desakan dari lingkungan sekitar, pindah kerja ke perusahaan lain, sampai dengan faktor kesehatan.


Jika posisi Anda saat ini sebagai karyawan dari sebuah perusahaan dan berencana mengundurkan diri alias berhenti bekerja sebaiknya komunikasikan secara tepat terlebih dahulu dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini bertujuan agar nanti disaat Anda berhenti bekerja sudah tidak ada lagi permasalahan dengan perusahaan lama tempat Anda bekerja. Contoh kasus ditempat kerja saya dulu ada salah satu teman kerja yang ingin resign, namun teman saya tersebut tidak membicarakannya terlebih dahulu dengan pihak perusahaan, dan apa yang didapat justru ijin pengunduran kerjanya di tunda hingga 1 bulan. Nah jika Anda ingin berhenti bekerja dengan alasan tertentu namun masih bingung untuk membuat format surat pengunduran diri yang baik dan benar Anda bisa meniru Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan berikut ini.

CONTOH

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. . . . .
Di 
Tempat


Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. . . . . . . . . berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama               :
Departemen     :
Jabatan             :
No Karyawan   :

Mengajukan pengunduran diri dari PT . . . . . . . . . . dengan alasan kesehatan dan keluarga . . . . . . .(sebutkan alasan lain sesuai kondisi Anda). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya, atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.





Hormat Saya, 
Kediri,........., 2015



(Nama Terang)


O iya, tidak semua perusahaan mewajibkan setiap karyawannya untuk membuat sendiri surat pengunduran diri kerja ya, contohnya saya, pada waktu resign beberapa bulan yang lalu saya tidak membuat sendiri surat pengunduran diri tersebut, hanya saja pihak perusahaan telah menyiapkan form yang harus saya isi kelengkapannya. Dan satu lagi hal yang tidak kalah pentingnya jangan sekali-kali membuat masalah dengan perusahaan tempat Anda bekerja jika Anda tidak ingin jaminan kerja yang Anda berikan pada saat pertama kali masuk kerja (contohnya ijasah) Anda di tahan atau disita pihak perusahaan. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Baik dan Benar