Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Sudah menjadi hal yang lumrah jika Anda sakit pasti Anda akan berusaha untuk mendapatakan pengobatan agar segera sembuh. Dan salah satunya adalah Anda bisa datang menemui dokter untuk mendapatkan resep obat yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun jika Anda mengalami sakit tenggorokan sebenarnya Anda tidak perlu buru-buru kedokter karena ada beberapa metode atau cara alami untuk menghilangkan penyakit yang sangat mengganggu ini. Dan berikut adalah beberapa metode alami dan sehat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan.

Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri yang dikandung kunyit ternyata juga bagus untuk mengobati sakit tenggorokan. Minyak atsiri juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk dengan cara menghangatkan tenggorokan. Untuk membuat obat tenggorokan dari bahan kunyit sangatlah tidak sulit parut kunyit lalu peras dan campurkan air garam pada hasil perasan. Berkumurlah dengan ramuan tersebut karena cara ini cukup efektif untuk mengobati sakit pada tenggorokan. Selain untuk mengobati sakit pada tenggorokan kunyit masih punya banyak manfaat lain diantaranya untuk mengobati sakit diabetes, tipus, usus buntu, haid tidak lancar, memperlancar asi, radang hati dan penyakit kulit. 

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Cara alami berikutnya untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan meminum jus lemon tanpa gula. Cara membuat minuman dari lemon yang bisa mengobati sakit pada tenggorokan juga tergolong sangat mudah. Peras lemon dan campurkan pada segelas air hangat, hindari penambahan gula untuk memaksimalkan khasiatnya. Minumlah 2 hingga 3 gelas sehari dalam keadaan perut kosong atau sekitar 30 hingga 60 menit sebelum makan. Yang perlu diketahui cairan ini juga bisa membersihkan lambung dan juga usus. Jangan cemas dengan rasa asamnya, berlawanan dengan keyakinan pada umumnya, lemon tidak meningkatkan kadar asam bahkan bisa menyembuhkan kadar asam berlebih. 

Pohon kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari pohon, daun, hingga buahnya banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Paling populer tentu saja bagian buahnya. Kelapa merupakan salah satu kebutuhan para ibu rumah tangga dalam membuat masakan sehari-hari. Ada manfaat lain dari kelapa yang mungkin masih terluput, yakni kelapa yang sudah diproses menjadi minyak kelapa ternyata bisa jadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Caranyapun sederhana saja, hangatkan 2 atau 3 sendok makan minyak kelapa lalu oleskan ke tubuh dan pijatlah. Lakukan hal ini 1 atau 2 kali sehari. Minyak kelapa merupakan anti mikroba alami yang bisa membunuh semua jenis organisme patogen. 

Bagi Anda penyuka makanan manis resep berikut ini mungkin akan sangat sulit dilakukan. Namun jika Anda ingin sembuh dari sakit tenggorokan ada baiknya cara berikut ini dicoba. Saat Anda sakit tengorokan hindarilah mengkonsumsi gula, mengapa??.., karena gula ternyata bisa melemaskan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, atau bahan tambahan lain yang berbahaya bagi tubuh juga memiliki dampak yang kurang bagus bagi tubuh. Jadi sebaiknya hindari keduanya.

Tahukah Anda jika ternyata tubuh kita menghabiskan banyak energi untuk mencerna makanan??. Saat kondisi tubuh tidak fit hal ini bisa jadi akan menghambat pemulihan. Karena itulah ada baiknya Anda menghindari makanan-makanan yang terlalu berat. Namun jangan khawatir, karena ada banyak konsumsi makanan yang bisa dipilih, seperti sup, jus sayuran, atau lemon tanpa gula. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mudah dicerna tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit.  

Itulah beberapa ramuan dan cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan yang bisa kita lakukan sendiri dirumah. Banyak cara alami yang bisa membantu kita memulihkan kondisi, tak ada salahnya kita coba terapkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Cepat