Cara Alami Mengobati Flu dengan Minuman Rempah

Pada musim penghujan seperti saat ini cenderung membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Mulai dari flu, batuk, pilek hingga demam. Udara yang dingin dan padatnya aktifitas juga akan membuat Anda mudah terkena masuk angin. Dengan kondisi yang demikian, tidak jarang membuat banyak orang untuk memilih cara instan yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang banyak beredar dipasaran.

Akan tetapi mengkonsumsi obat-obatan terlalu sering juga tidak dianjurkan dan tentu tidak bagus untuk kesehatan ginjal Anda.Untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa rempah-rempah asli Indonesia yang bisa dijadikan obat-obatan untuk Anda yang terserang penyakit flu di musim hujan seperti saat sekarang. Selain memberikan efek menghangatkan rempah-rempah juga bisa menambah daya tahan tubuh Anda. Dan berikut adalah minuman rempah untuk meredakan gejala flu yang bisa Anda coba buat sendiri dirumah.

Cara Alami Mengobati Flu dengan Minuman Rempah

Kunyit
Minuman rempah untuk redakan gejala flu yang pertama adalah minuman yang dicampur dengan kunyit. Seperti yang sudah kita ketahui kunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Hal tersebut dinyatakan oleh beberapa studi dibidang medis yang mengklaim bahwa kuntyit bekerja sangat efektif dalam menghangatkan tubuh.Selain itu kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi sakit tenggorokan. Anda tidak perlu khawatir dengan pembuatan minuman dari rempah kunyit ini karena cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan susu kemudian campurkan dengan potongan kunyit. Kemudian didihkan susu yang sudah dicampur dengan kunyit tadi sambil diaduk, dan minum selagi hangat. 

Kapulaga
Sudah tahukah Anda bahwa kapulaga biasanya menjadi salah satu rempah wajib pada setiap masakan india dan timur tengah?,,. Di Indonesia jenis kapulaga terdiri dari dua jenis yaitu kapulaga hijau dan kapulaga putih. Meski memiliki dua jenis yang beraroma berbeda rupanya khasiat kapulaga memang sudah terkenal dipasar dunia. Rempah yang satu ini dipercaya dapat meredakan batuk dan flu. Biasanya kapulaga sering dicampurkan dengan teh. Selain itu Anda juga bisa memasukkan 2-3 kapulaga kedalam rebusan air lalu tambahkan dengan satu sendok madu dan minum sebelum tidur agar dapat menghangatkan tenggorokan serta melancarkan pernapasan. Tak sepedas campur pahit yang akan dihasilkan dari rebusan kapulaga tersebut juga dapat mengurangi kejang perut, mencegah mual, dan juga dipercaya membuat tubuh semakin rileks. 

Jahe
Minuman rempah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Karena biasanya minuman ini dikonsumsi dalam bentuk jamu. Ya, jahe adalah rempah yang sering digunakan baik untuk memasak atau dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh. Khasiatnya pun sudah tidak diragukan lagi, jahe yang mengandung anti peradangan ini dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan. Andapun tidak perlu repot untuk membuat minuman dari jahe ini, karena caranya yang begitu mudah. Cukup campurkan irisan jahe kedalam gelas teh atau susu Anda, maka Anda sudah bisa merasakan khasiat dari rempah yang mempunyai rasa khas ini.

Kayu Manis
Minuman rempah berikutnya adalah kayu manis. Kayu manis sudah lama dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga badan akan terasa lebih hangat jika sesudah mengkonsumsi rempah satu ini. Selain itu kayu manis juga dapat menambah daya tahan tubuh dicuaca yang sedang tidak menentu seperti saat ini. Campurkan 1 sendok bubuk kayu manis dan 1 sendok makan madu kedalam air hangat kemudian minumlah. Dengan meminum ramuan ini Anda akan mendapatkan kondisi tubuh yang segar sekaligus terasa hangat karena ramuan rempah yang satu ini dapat mengurangi rasa dingin didalam tubuh Anda. Atau Anda juga bisa menambah rempah yang memiliki aroma khas ini dengan air jahe untuk megatasi masuk agin. Selain itu kayu manis juga ternyata memiliki banyak manfaat lainnya yaitu untuk mencegah diabetes, menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan hormon. 

Cengkeh
Dan minuman rempah yang terakhir adalah minuman dari cengkeh. Cengkeh merupakan rempah asli dari Indonesia. Selain dijadikan bumbu untuk masakan, cengkeh juga berkhasiat untuk meredakan masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh. Selain itu cengkeh juga dapat meredakan batuk dan flu karena salah satu kandungan cengkeh adalah ekspetoran alami yang bisa mengencerkan dahak juga aroma cengkeh dapat membantu meredakan flu Anda. Dan untuk mengobati batuk atau flu Anda siapkan air panas lalu masukkan 3 biji cengkeh, 1 iris jahe dan 3 lembar daun ungu. Lalu minum minuman rempah tersebut satu kali sehari selama 3 hari. Itulah tadi beberapa Cara Alami Mengobati Flu dengan Minuman Rempah yang sangat bermanfaat untuk meredakan gejala flu dan batuk Anda. Semoga informasi dalam artikel kali ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Flu dengan Minuman Rempah