Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami - Batu ginjal sejatinya adalah potongan mineral berbentuk padat di dalam ginjal maupun kandung kemih yang berasal dari sisa makanan yang dipisahkan ginjal dari air seni. Tahukah Anda bahwa setiap orang berpotensi menderita batu ginjal ? , akan tetapi seseorang dengan kondisi tertentu menjadi lebih rentan terhadap penyakit batu ginjal karena faktor keturunan. 

Penyakit batu ginjal lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Seseorang yang mengidap batu ginjal akan merasakan rasa nyeri yang luar biasa di antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang menjalar ke bagian perut. Ketika batu ginjal berukuran besar tersangkut disaluran kencing maka bisa menyebabkan infeksi karena aliran urine yang terhambat. Pada sebagian orang batu ginjal yang sudah diangkat ternyata bisa muncul kembali. Oleh karena diperlukan usaha pencegahan untuk menghindari batu ginjal.  Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit batu ginjal.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

Mengurangi mengkonsumsi makanan yang kandungan garamnya tinggi.
Untuk Anda yang suka dengan masakan asin sebaiknya mulai sekarang di hindari. Sifat garam yang bisa menambah jumlah kalsium di dalam urine dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Jumlah endapan kalsium yang semakin banyak dan makin lama mengeras akan membentuk batu ginjal yang keras. Untuk Anda yang pernah menderita batu ginjal sebaiknya mengkonsumsi garam dibawah 1500 miligram perhari. Anda dapat memulainya dengan mengurangi jumlah garam dalam masakan sehari-hari.

Memperhatikan jumlah kalsium.
Meski kalsium juga berpengaruh terhadap terbentuknya batu ginjal bukan berarti Anda harus menghindari makanan yang mengandung kalsium. Jumlah kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah sebanyak 1000 sampai 1300 miligram perhari. Namun bagi Anda yang mengidap batu ginjal disarankan untuk menguranginya menjadi 800 miligram kalsium perhari.

Membatasi jumlah protein.
Makanan seperti telur, ayam dan daging yang merupakan sumber protein dapat mengakibatkan asam urat dalam urine meningkat. Asam urat yang tinggi dalam urin dapat membentuk batu ginjal. Kandungan sitrat dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah terbentuknya batu ginjal juga akan berkurang jika seseorang dengan kondisi tertentu mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Selain itu dengan membatasi jumlah protein pada makanan yang kita konsumsi juga bernmanfat bagi kesehatan jantung.

Minum air yang cukup.
Dehidrasi adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan penyakit batu ginjal. Kandungan seperti asam urat, fosfat, kalsium dan juga oksalat akan mengkristalisasi jika jumlah cairan dalam tubuh tidak tercukupi. Untuk itu kita memerlukan air untuk mengencerkan kandungan tersebut. Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal jika urin berwarna gelap itu tandanya tubuh kekuranagan air. Untuk itu Anda diajurkan mengkonsumsi air putih minimal 3 liter sehari. Perlu diperhatikan bahwa pada musim panas kemungkinan terjadinya dehidrasi dapat meningkat untuk itu jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami