Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah - Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang memiliki jumlah penderita cukup besar didunia. Kondisi dimana pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang itulah yang disebut dengan jerawat. Tidak hanya menginfeksi kulit wajah, jerawat juga biasa tumbuh pada kulit punggung. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit kulit jenis ini. Diantara penyebab timbulnya jerawat pada kulit yaitu produksi minyak yang berlebih oleh tubuh, sel-sel kulit mati, bakteri, pemakaian kosmetik, obat-obatan, penggunaan telpon genggam, dan stress. Jerawat selain menimbulkan rasa sakit (bila tersentuh) juga dapat mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan seseorang. 

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Setelah mengetahui beberapa kerugian yang ditimbulkan akibat tumbuhnya jerawat, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari dan mencegah timbulnya jerawat. Menjaga diri untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan rapi dapat mengurangi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah.
  1. Membasuh atau mencuci muka minimal dua kali sehari, lakukan aktivitas ini dimalam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Cucilah wajah menggunakan air hangat, pastikan air yang Anda gunakan tidak terlalu panas yang dapat membakar kulit Anda. Suhu hangat yang dihasilkan akan membuka pori-pori kulit dan dapat membersihkan lebih baik daripada air dingin. Sebelum mencuci wajah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, hal ini untuk menghindari kotoran yang mungkin akan berpindah dari tangan ke wajah saat mencuci muka.
  2. Gunakan pelembab setelah mencuci muka.
  3. Hindari penggunaan make up saat tidur, karena hal ini bisa menyumbat pori-pori kulit wajah.
  4. Sebisa mungkin untuk tidak memegang wajah saat tangan dalam dalam keadaan kotor. Kita tahu bahwa tangan adalah salah satu tempat yang cukup baik bagi bakteri untuk berkembang biak, karena begitu banyak hal-hal yang kita sentuh menggunakan tangan. 
  5. Cucilah sarung bantal paling tidak seminggu sekali agar kotoran seperti minyak, debu, dan kulit mati yang tertinggal saat Anda tidur tidak menyebar dan menginfeksi wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat.
  6. Memperhatikan rutinitas rambut adalah hal yang sangat penting. Kulit kepala menghasilkan minyak alami untuk menjaga rambut tetap berkilau. Akan tetapi terlalu banyak minyak di dalam dan sekitar kulit kepala juga berdampak negatif bagi kulit Anda. Untuk itu, usahakan mencuci rambut Anda setidaknya setiap hari. Berhati-hatilah dalam pemakaian terlalu banyak produk di rambut Anda. Gel, mousse, dan spray dapat masuk ke pori-pori kulit Anda, sehingga terjadi penyumbatan yang akhirnya bisa menimbulkan jerawat. Bersikaplah selektif mengenai seberapa banyak produk yang Anda gunakan ke dalam rambut Anda, terutama jika telah tumbuh jerawat di sekitar dahi Anda.
  7. Usahakan untuk selalu buang air besar secara rutin setiap harinya. Untuk membantu memperlancar proses buang air besar Anda dapat mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan segar.
  8. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar matahari yang terlalu banyak akan sangat berbahaya terhadap kesehatan kulit. Anda mungkin sudah tahu bahwa efek dari paparan sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan kanker kulit, namun tahukah Anda jika hal tersebut juga mempeburuk jerawat??.. Gunakan tabir surya noncomedogenic untuk membatu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari jika Anda berniat untuk berada dibawah sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. 
  9. Mengkonsumsi atau minum air putih secukupnya.
Itulah beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah yang bisa kita lakukan. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, untuk itu sebelum jerawat menginfeksi kulit, kita harus bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa tips sederhana diatas. Namun jika jerawat terlanjur tumbuh pada kulit Anda, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba cara alami berikut ini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Kulit Pisang. Siapa tahu dengan metode alami  yang mudah untuk dilakukan dan tentunya sangat terjangkau dalam artikel tersebut, Anda bisa mengobati jerawat yang terlanjur menyerang kulit Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah