Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak

Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak - Tahukah Anda apa itu obesitas ??.. ,obesitas adalah suatu kondisi medis yang berupa kelebihan berat badan akibat dari penumpukan lemak dan berakibat membahayakan kesehatan tubuh. Obesitas tidak hanya terjadi di kalangan remaja dan orang dewasa saja, akan tetapi juga bisa terjadi pada anak-anak. Banyak orang tua yang mengira dan tidak sadar bahwa anaknya menderita kegemukan / obesitas,  bahkan mereka menganggap bahwa anak kecil yang memiliki  berat badan diatas normal atau gemuk akan terlihat lucu dan pertanda sehat. Padahal kondisi tersebut sangat berpotensi membahayakan kesehatan si buah hati. 

Obesitas pada anak merupakan salah satu kekhawatiran yang dirasakan banyak orang tua saat ini. Dalam sebuah penelitian di Amerika (US Centers For Disease Control and Prevention) menyatakan bahwa seorang anak yang memiliki berat badan berlebih akan cenderung terkena resiko diabetes, penyakit jantung dan bahkan penyakit yang sangat berbahaya yaitu kanker. Pada umumnya obesitas terjadi pada anak-anak usia antara 6 hingga 11 tahun. Pada usia ini anak-anak cenderung dalam masa pertumbuhan yang aktif dan sulit untuk mengkontrol aktivitasnya terutama yang berkaitan dengan pola makan dan keseharian mereka.

Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak

Jenis-jenis penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kolestrol bahkan gangguan pernafasan yang biasa diderita orang dewasa ternyata juga mampu  menimpa anak-anak penderita obesitas. Disamping bahaya-bahaya penyakit yang ditimbulkan, tentunya sang anak juga akan mengalami kesulitan dalam beraktivitas atau sulit bergerak. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu terhadap tumbuh kembang si anak itu sendiri. Tidak hanya itu dampak yang muncul terhadap obesitas pada anak yaitu terjadinya gangguan psikologis, dimana dengan kondisi badan yang besar tentu akan menjadi bahan ejekan teman-teman bermainnya. Salah satu cara mudah mengatasi obesitas anak adalah dengan memperkenalkan jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi serta memperbanyak kegiatan yang dapat dilakukan anak untuk menurunkan kelebihan berat badannya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya obesitas pada usia anak-anak adalah :
  • Faktor genetik
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Makanan cepat saji atau yang lebih dikenal dengan junkfood
  • Minuman ringan

Bagi Anda yang sudah memiliki anak yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, sebaiknya jangan memaksakan si anak untuk melakukan diet ketat untuk mengurangi berat badannya, karena hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan dan kesehatan anak terganggu. Sebagai orang tua sudah semestinya kita menelitinya kembali hal-hal yang dapat memicu munculnya obesitas pada usia dini ini. Berikut adalah Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak yang terbukti efektif dan manjur yang mungkin bisa Anda terapkan pada sang anak :
  1. Selalu perhatikan pola makan si anak, perhatikan menu apa yang disajikan untuk anak. Sebaiknya hindari agar tidak mengkonsumsi jenis makanan seperti fast food, snack ringan, camilan manis yang mengandung banyak gula, makanan yang mengandung lemak tinggi, minuman ringan tinggi gula.
  2. Usahakan anak untuk selalu aktif bergerak, batasi kegiatan terlalu lama. Karena dengan banyak aktifitas fisik yang dilakukan si anak membantu membakar lebih banyak energi yang ada dalam tubuh.
  3. Perkenalkan dan berikan pengertian kepada si anak tentang makanan yang sehat. Memperkenalkan sikecil dengan berbagai jenis makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan dan daging segar. Meskipun pada awalnya mungkin sulit dilakukan namun orang tua sebaiknya bersabar dan konsisten dalam hal mencoba memberikan pengertian kepada sikecil tentang sajian sehat yang seharusnya dimakan, ini akan berpengaruh dikemudian hari agar si anak terbiasa mengkonsumsi jenis makanan yang sehat tersebut.
  4. Biasakan sarapan dan membawa bekal sekolah. Sarapan bisa menjadi awal yang baik bagi anak untuk memulai segala aktivitasnya agar sianak memiliki energi yang cukup saat melakukan aktifitas di sekolah dan yang terpenting tentunya menghindarakan sang anak untuk jajan sembarangan (makanan tidak sehat).
  5. Perhatikan kembali cara Anda dalam mengolah makanan. Sebaiknya menghindari jenis makanan yang proses pembuatannya digoreng. Beralihlah mengolah makanan dengan cara memanggang, mengukus atau merebusnya.
  6. Mengubah kebiasan makan. Buatlah aturan yang ketat semisal pada saat makan harus dilakukan di meja makan, karena jika si kecil menhabiskan makanannya sambil menonton tv atau beraktifitas lainnya maka berakibat si anak tidak memperhatikan banyaknya makanan yang dikonsumsinya.
  7. Tidur lebih awal. Sebuah penelitan menunjukkan anak yang tidur lebih awal akan memiliki berat badan lebih sedikit dibanding mereka yang tidur hingga larut malam.
Itulah tadi beberapa poin penting tentang Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak yang sebaiknya Anda coba lakukan jika Anda mempunyai buah hati yang menderita obesitas. Selain dapat menghindari dan mencegah bahaya obesitas yang ditimbulkan bagi kesehatan anak, langkah-langkah diatas juga efektif untuk membantu menurunkan kelebihan berat badan si anak dan tentunya tergolong aman untuk dilakukan karena sama sekali tidak menggunakan obat-obatan ataupun bahan kimia dalam melakukannya. Sekian artikel kali ini dan semoga konten diatas dapat memberikan kontribusi yang positif bagi mereka yang membacanya.
Baca juga artikel berikut ini :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghindari Dan Mengatasi Obesitas Pada Anak