Cara Melelehkan Coklat Blok Yang Benar

Cara melelehkan coklat blok yang benar - Coklat tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Coklat adalah hasil olahan dari biji kakao. Dewasa ini coklat telah banyak digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat makanan maupun minuman yang populer didunia. Coklat juga sering digunakan sebagai hadiah atau bingkisan kepada orang yang kita cintai pada hari-hari tertentu, valentine misalnya. Menurut survey, coklat dalam bentuk batangan adalah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat daripada yang lainnya. Jika saat ini Anda mempunyai keinginan untuk membuat kue dengan coklat sebagai bahan campurannya, mungkin tips-tips tentang bagaimana cara melelehkan coklat blok yang baik dan benar perlu Anda ketahui sebelumnya agar coklat cair yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan mengkilat, berikut adalah cara melelehkan coklat blok yang benar :


Cara Melelehkan Coklat Blok Ynng Benar

  1. Melebur atau melelehkan coklat sebaiknya ditim dengan api yang kecil dengan suhu dibawah 400 derajat celsius. Mengapa demikian???.. , karena jika suhu api terlalu tinggi maka coklat yang dihasilkan akan berubah warnanya.
  2. Pada waktu coklat akan ditim, pastikan terlebih dahulu tidak ada tetesan air maupun uap air pada panci.
  3. Sebelum dilelehkan atau ditim, ada baiknya Anda memotong-motong coklat kedalam bagian yang lebih kecil. dan gunakan wadah yang berbahan stainless steel.
  4. Gunakan minyak atau butter, ini bertujuan agar coklat lebih halus dan cair dengan baik.
  5. Potong kasar coklat, lalu letakkan pada mangkuk tahan panas. Masak diatas panci yang berisi air (ditim) dan jangan sampai mendidih, agar coklat tidak rusak. Coklat yang rusak ditandai dengan menggumpalnya saat dipanaskan dan lemaknya terpisah.
  6. Saat ditim ada baiknya sesekali diaduk secara perlahan hingga leleh dan halus,  namun Anda harus ekstra hati-hati jangan sampai ada air tim yang masuk dan tercampur kedalamnya.
  7. Setelah coklat leleh, angkat dari perapian dan diamkan sebentar supaya suhu panasnya turun dan kembali normal (tidak terlalu panas). Hal ini bertujuan agar coklat yang dihasilkan lebih mengkilat, menarik dan kinclong.
  8. Selain menggunakan sistem uap air atau (tim), melelehkan coklat juga bisa menggunakan microwave dengan cara mencincang coklat terlebih dahulu dan taruh dalam wadah mangkuk yang tahan panas, kemudian masukkan kedalam microwave. Mengingat besarnya daya listrik yang ada dalam microwave, maka Anda disarankan untuk sering mengeceknya agar coklat tidak gosong.
Nah itulah tadi tips-tips yang benar dalam melelehkan cokat blok. Coklat yang dihasilkan dalam bentuk cair sudah siap untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kue ataupun makanan enak lainnya. Dengan menerapkan dan mengikuti cara melelehkan coklat blok yang benar , maka Anda bisa menghasilkan coklat cair/ lelehan coklat dengan kualitas yang baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melelehkan Coklat Blok Yang Benar