Resep Kue Pancong Khas Betawi

Kue Pancong adalah salah satu kue tradisional nusantara yang banyak digemari dan disukai karena memiliki rasa yang khas. Di beberapa daerah kue pancong ada yang menyebutnya sebagai kue rangi. Sebenarnya kue pancong berbeda dengan dengan kue rangi, yang membedakannya yaitu dari bahan dasarnya, kue pancong dibuat dari tepung terigu sedangkan kue rangi berbahan dasar kelapa tua, tepung sagu dan gula merah. Baik kue rangi maupun kue pancong memang sama-sama berasal dari Betawi. Kue khas Betawi ini memiliki tekstur yang lembut karena terbuat dari adonan tepung terigu. Untuk penyajiannya kue ini akan terasa lebih istimewa jika disajikan dalam keadaan hangat. Bagi Anda yang belum pernah mencoba dan memiliki niatan untuk membuatnya sendiri, berikut akan saya sajikan Resep Kue Pancong Khas Betawi.

Resep Kue Pancong Khas Betawi

Bahan untuk membuat kue pancong khas Betawi :
  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam ½ sendok teh
  • Telur 3 butir
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Air soda tawar 125 ml
  • Santan kental  25 ml
  • Margarin 2 sendok makan, lelehkan
  • Meses ceres secukupnya

Cara membuat kue pancong khas Betawi :
  1. Langkah pertama, kocok dan campurkan telur, gula, dan garam menjadi satu sampai adonan mengembang. Kemudian tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak halus, aduk kembali adonan perlahan-lahan. Tambahkan santan dan air soda tawar lalu kocok sampai rata.
  2. Langkah berikutnya masukkan margarin, lalu aduk hingga rata.
  3. Langkah yang ketiga panaskan cetakan kue pancong terlebih dahulu, olesi cetakan dengan margarin secara menyeluruh. Kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan yang tadi sampai hampir penuh. Selanjutnya taburi dengan meses ceres di atasnya. Ulangi langkah yang sama sampai adonan matang.
  4. Tutup dan biarkan sampai adonan mengembang dan matang jika sudah angkat kemudian sajikan kue dalam keadaan hangat untuk mendapatkan cita rasa yang spesial.
Itulah tadi sekilas tentang resep kue pancong khas betawi yang enak dan menggoda selera. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Nantikan up date resep kue tradisional nusantara lainnya dalam postingan selanjutnya, selamat mencoba, selamat menikmati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Pancong Khas Betawi