Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar Dalam Bahasa Indonesia

Jika pada posting sebelumnya saya telah menulis tentang pertanyaan kunci yang biasa diajukan saat wawancara kerja, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia. Sebelum saya menuliskan contoh cv lamaran alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sih Curriculum Vittae itu ??.. . , merujuk wikipedia Daftar Riwayat Hidup adalah sebuah dokumen yang menggambarkan tentang pengalaman seseorang beserta kualifikasi lainnya. Dokumen ini pada umumnya memuat tentang beberapa informasi mengenai seseorang, seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, riwayat pendidikan sampai dengan pengalaman kerja. Jika kita melamar pekerjaan ke sebuah instansi ataupun perusahaan, dokumen ini wajib dilampirkan bersama-sama surat lamaran pekerjaan.


Salah satu fungsi dari CV sendiri adalah sebagai pengenalan diri calon karyawan / pelamar kerja secara tertulis dengan seseorang yang ditunjuk untuk merekrut calon karyawan dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar adalah salah satu kunci sukses seseorang untuk meraih sebuah pekerjaan yang diimpikan. Sebenarya dokumen daftar riwayat hidup sudah banyak dijual di toko-toko, tetapi curriculum vittae yang biasa dijual di toko buku kebanyakan kurang lengkap untuk form-form informasi yang dibutuhkan, sehingga informasi yang harusnya dicantumkan dalam dokumen tersebut terkesan kurang lengkap. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa membuatnya sendiri daftar riwayat hidup seperti yang kita inginkan. Namun jika Anda masih kesulitan untuk membuat sebuah CV lamaran kerja, berikut akan saya berikan contoh daftar riwayat hidup lamaran kerja 


Daftar Riwayat Hidup

  

Data Pribadi

Nama :
Alamat lengkap :
Nomor telepon :
Jenis kelamin :
Tempat dan tanggal lahir :
Status marital :
Warga negara :
Agama :


Preferensi Pekerjaan

Bidang pekerjaan yang diminati :
Gaji yang dikehendaki : antara Rp. . . . . . . . sampai dengan Rp. . . . . . . .
Ketersediaan waktu :


Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

Jenjang pendidikan :
Periode     Sekolah / Institusi / Universitas     Jurusan     IPK / NUN
............     ............................................     ...........     ...............
............     ............................................     ...........     ...............
............     ............................................     ...........     ...............
............     ............................................     ...........     ...............        


Riwayat Pengalaman Kerja / Magang Kerja

Tanggal :
Instansi / Perusahaan :
Posisi :
Penghasilan Terakhir :


Demikian CV ini saya buat dengan sebenarnya.





Hormat saya,



Pelamar



Itulah tadi salah satu contoh daftar riwayat hidup bahasa indonesia yang bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan. Setidaknya saya sendiri telah menggunakan contoh CV di atas pada saat saya melamar pekerjaan disebuah perusahaan swasta. Semoga contoh dokumen diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang sekarang mungkin sedang bingung mencari referensi tentang sebuah daftar riwayat hidup. Selamat melamar pekerjaan, dan semoga berhasil diterima sebagai karyawan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar Dalam Bahasa Indonesia