Ami Bios Beep Codes

1 Beep Pendek

Deskripsi: Ada masalah pada kartu memori atau RAM komputer Anda.
Solusi : Cek dan pastikan kartu memori terpasang dengan benar, termasuk cek pengait yang ada pada kedua ujung slot. Coba lepas kartu memori, kemudian bersihkan lempeng memori menggunakan kuas. Bersihkan juga slot kartu memori pada motherboard, pasang kembali jika memungkinkan cobalah untuk memasang memori  pada slot yang lain. Bila masih juga belum menyelesaikan masalah, ada kemungkinan memang ada kerusakan pada kartu memori atau pada kerusakan pada slot memori motherboard.
2 Beep Pendek atau 3 Beep Pendek
Deskripsi : Ada masalah pada 64kb RAM pertama yang dibaca oleh sistem.
Solusi : Kemungkinan ada IC memori Anda yang rusak. Cari memori yang bermasalah kemudian ganti dengan memori yang baru.

4 Beep Pendek
Deskripsi : Terjadi masalah pada sistem pewaktuan  memori (memori timing).
Solusi : Cek dan pastikan kartu memori terpasang dengan sempurna, termasuk cek juga pengait yang ada pada kedua ujung slot memori. Jika bukan karena memori, kemungkinan ada kerusakan pada IC timer di motherboard Anda. Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu membawa motherboard ke service center atau mengganti motherboard dengan yang baru.

5 Beep Pendek
Deskripsi : Terdapat masalah pada CPU atau processor komputer Anda.
Solusi : Cek penempatan processor, pastikan kaki-kaki processor tidak ada yang bengkok atau patah (CPU tipe lama). Jika tidak ada hasilnya, ada kemungkinan terjadi kerusakan fisik pada processor Anda.

6 Beep Pendek
Deskripsi : Terdapat masalah yang berhubungan dengan keyboard Anda.
Solusi : Cobalah untuk mengganti keyboard dengan kondisi yang lebih bagus.  Jika tidak berhasil, ada kemungkinan terdapat keyboard pada motherboard yang biasa mengontrol keyboard Anda (dinamakan Gate A20) dalam keadaan rusak. Jika hal ini terjadi Anda wajib mengganti motherboard Anda.

7 Beep Pendek
Deskripsi : Ada masalah dengan processor atau sirkuit yang ada pada motherboard rusak.
Solusi : Cek penempatan processor, pastikan kaki-kaki processor tidak ada yang bengkok atau patah (CPU tipe lama). Bersihkan processor lalu pasang kembali dengan baik. Coba cek menggunakan processor lain yang masih dalam keadaan baik. Hal ini untuk memastikan masalah bukan berasal dari processor. Jika belum berhasil, ada kemungkinan terdapat sirkuit motherboard yang rusak atau putus. Jika ini terjadi bawa motherboard ke tempat service atau Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

8 Beep Pendek
Deskripsi : Kartu grafis tidak bekerja sebagaimana mestinya. Memori pada video mengalami gangguan sehingga sistem tidak bisa mengakses dan menggunakan memori pada kartu grafis (VGA).
Solusi : Cek dan pastikan kartu grafis terpasang dengan benar. Posisi kartu grafis yang kurang masuk kedalam slot bisa menjadi penyebabnya. Coba lepas kartu grafis, kemudian bersihkan lempeng  kartu, bersihkan juga slot kartu grafis yang ada pada motherboard. Jika belum juga berhasil, coba ganti kartu grafis dengan kondisi yang lebih bagus.

9 Beep Pendek
Deskripsi : Ada masalah pada ROM BIOS Anda.
Solusi : Coba lakukan BIOS reset dengan cara melepas baterai CMOS pada motherboard selama beberapa menit, kemudian pasang kembali. Jika masih terjadi masalah, cobalah untuk meng-upgrade atau mengganti BIOS Anda akan tetapi cara ini cukup beresiko.

10 Beep Pendek
Deskripsi : Terdapat masalah dengan chip CMOS pada motherboard Anda.
Solusi : Jika masalah ini terjadi, sebaiknya Anda mengganti motherboard dengan yang baru. Ini karena terdapat masalah pada berbagai chip yang berhubungan dengan CMOS.

11 Beep Pendek
Deskripsi : Terdapat masalah pada L2 cache memory.
Solusi : Pada motherboard jenis lama, Anda bisa menjumpai keping cache memory. Coba lepas, bersihkan, kemudian pasang kembali. Bila masalah belum selesai, kemungkinan terjadi kerusakan pada cache memory sehingga Anda harus menggantinya.

1 Beep Panjang, 2 Beep Pendek
Deskripsi : Ada masalah pada sistem video komputer.
Solusi : Cek dan pastikan kartu grafik atau VGA komputer Anda sudah terpasang dengan baik. Posisi VGA yang kurang pas atau kurang masuk ke slot bisa menjadi penyebabnya. Cek dan pastikan colokan kabel monitor yang terhubung ke VGA atau kartu grafis juga terpasang dengan tepat, sebaiknya kencangkan baut pengunci yang ada di kedua sisinya. Jika belum  menyelesaikan masalah, coba lepas VGA atau kartu grafis kemudian bersihkan lempeng VGA menggunakan kuas, jangan lupa bersihkan juga slot VGA di motherboard, lalu pasang kembali. Apabila ketiga cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan kartu grafis atau VGA Andalah yang bermasalah atau rusak. Cobalah cek dengan memasang kartu grafis atau VGA lain ke motherboard Anda, atau sebaliknya, pasang kartu grafis Anda ke motherboard lain.

1 Beep Panjang, 3 Beep Pendek
Deskripsi : BIOS gagal melakukan pengecekan memori.
Solusi : Cek dan pastikan kartu memori terpasang dengan benar, termasuk cek pengait yang ada pada kedua ujung slot. Coba lepas kartu memori, kemudian bersihkan lempeng memori menggunakan kuas. Bersihkan juga slot kartu memori pada motherboard, pasang kembali jika memungkinkan cobalah untuk memasang memori  pada slot yang lain. Bila masih juga belum menyelesaikan masalah, ada kemungkinan memang ada kerusakan pada kartu memori atau pada kerusakan pada slot memori motherboard. 

1 Beep Panjang, 8 Beep Pendek
Deskripsi : BIOS menemui kegagalan ketika melakukan pengecekan pada kartu VGA.
Solusi : Cek dan pastikan kartu grafik atau VGA komputer Anda sudah terpasang dengan baik. Posisi VGA yang kurang pas atau kurang masuk ke slot bisa menjadi penyebabnya. Lepas VGA atau kartu grafis kemudian bersihkan lempeng VGA menggunakan kuas, jangan lupa bersihkan juga slot VGA di motherboard, lalu pasang kembali.  

Gambar di ambil dari http://karbosguide.com 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ami Bios Beep Codes